Sejarah Blogger dan Alasan Kamu Membuat Blog

Blogger adalah sebuah layanan publikasi blog yang dibuat oleh Pyra Labs dan diakuisisi oleh Google pada tahun 2003. Secara umum, blog yang dihost oleh Google berada di bawah subdomain blogspot.com. Blogger memperbolehkan penggunanya untuk mempublikasikan blognya di server lain, melalui FTP hingga 1 Mei 2010. Setelah tanggal tersebut, semua blog harus disimpan di server Google, meskipun pengguna dapat menggunakan alamat situsnya sendiri dengan fitur Custom URL.


Sejarah Singkat
Pada 23 Agustus 1999, Blogger diluncurkan oleh Pyra Labs. Sebagai salah satu perangkat publikasi blog pertama di dunia, Blogger berperan dalam mempopulerkan format blog di dunia. Pada Februari 2003, Pyra Labs diakuisisi oleh Google, membuat sejumlah fitur premium Blogger yang sebelumnya dikomersialkan Pyra Labs menjadi layanan yang sepenuhnya gratis. Pada Oktober 2004, salah satu pendiri Pyra Labs, Evan Williams, mengundurkan diri dari Google.

Tujuan dan alasan rata rata orang membuat blog
Apa sajakah tujuan dan alasan orang menjadi blogger? trus apa alasnya, berikut adalah alasan dari mayoritas :

Menyalurkan ide gagasan
Pada masa sekarang ini dalam menyalurkan ide, beraspirasi, berpendapat, dan berbagi tidak harus selalu melalui dunia nyata atau lisan secara langsung, bisa saja melalui blog secara online.

Bagi kamu yang introvert, bisa memanfaatkan blog sebagai tempat kamu menyalurkan ide-ide yang enggan kamu ucapkan di dunia nyata karena (mungkin) merasa malu. Sekarang ini, rata-rata orang orang itu lebih senang membaca lewat gadget mereka ketimbang dari buku.

Mencari teman
Entah dari mana datangnya teman itu, teman dari blogging tidak terbatasi oleh waktu dan tempat; dari forum, di dapat saat blogwalking atau bahkan dari para pembaca setia blog kamu.

Mencari Uang
Melalui iklan yang terpasang di blog kamu, kamu bisa mendapatkan penghasilan. Ikut bisnis afiliansi, bisa dapat uang. Dan bisnis-bisnis lain yang bisa diikuti blogger. Uang adalah alasan terkuat yang membuat blogger tetap ngeblog, terutama yang sering di bicarakan adalah Publiser Google Adsense.

Kenapa Memlih Blogger?

Mudah Dibuat
Cara membuat blog gratis di blogspot tidaklah sulit syarat utamanya adalah kamu hanya diharuskan memiliki akun Google.ini akan sangat berguna untuk membuka atau sign in ke seluruh fitur yang disediakan oleh google termasuk daftar blogspot. Setelah kamu memiliki akun google kamu tinggal mengikuti perintah yang diinstruksikan oleh blogger.
Fitur Full Gratis

Semua fitur yang disediakan oleh Blogger.com adalah gratis. Tentunya ini sangat memudahkan para pengguna untuk mengolah websitenya agar lebih menarik dan memudahkan para pengunjung websitenya. Layanan gratis ini tidak akan kamu temukan pada layanan CMS lain.

Tutorial Sangat Mudah Ditemukan
Selain kamu bisa mendapatkan tutorial mengolah blog langsung dari panduan blogspot, kamu juga akan sangat mudah mendapatkan informasi dalam mengolah blogspot karena banyak sekali blogger yang menulis artikel tentang tutorial blogspot dengan gaya bahasa yang lebih mudah dimengerti. Jadi kamu tidak perlu khawatir "tersesat" ataupun kebingungan.

Terhindar dari Para hacker
Seperti yang kita ketahui, Google adalah perusahaan raksasa yang tidak mungkin keamananya dapat ditembus begitu saja oleh para hacker. Berbeda dengan domain yang dapat kita beli dari pasaran, domain tersebin tidak ada jaminan akan terhindar dari para peretas website.

Mobile Friendly
Setelah melalui beberapa pengembangan, kini blogspot telah memiliki fitur mobile friendly yang memudahkan bagi para pengakses blog melalui smartphone.

SEO
Search Engine Optimization adalah upaya untung mengoptimalkan sebuah blog di mesin pencari. Seperti yang kita tahu sekarang ini mesin pencarian dikuasai oleh google. Tentunya anak perusahaan google akan lebih di spesialkan di pencarian google dibandingkan dengan perusahaan penyedia CMS lainnya. Jadi bukan tidak mungkin blogspot akan lebih mudah menembus top page dibandingkan dengan CMS gratisan lainnya.

Ringan dan Cepat
Dengan fitur yang canggih pengguna internet tidak perlu menunggu lama dalam mengakses blogspot.

Loading yang dapat membuat pengguna lumutan, akan membuat pengunjung kapok mengunjungi web kamu.
LihatTutupKomentar