Kisah Kesuksesan Bill Gates

Bill Gates atau William Henry Gates dikenal pendiri pendamping Microsoft Corporation. dilahirkan pada 28 Oktober 1955, di Seattle, Washington. Bill Gates adalah adalah anak kedua dari tiga bersaudara. Ayahnya William Henry Gates adalah seorang pengacara perusahaan yang punya banyak relasi di kota. Sedangkan ibunya Mary Maxwell seorang pegawai First Interstate Bank, Pacific Northwest Bell dan anggota Tingkat Nasional United Way.


Perjalanan Singkat
Bill Gates seorang anak yang cerdas, tetapi dia terlalu penuh semangat dan cenderung sering mengalami kesulitan di sekolah. Ketika dia berumur sebelas tahun, orang tuanya memutuskan untuk membuat perubahan pada dirinya dan mengirimnya ke Lakeside School, sebuah sekolah dasar yang bergengsi khusus bagi anak laki-laki. Di Lakeside itulah pada tahun 1968 Bill Gates untuk pertama kalinya diperkenalkan dengan dunia komputer, dalam bentuk mesin teletype yang dihubungkan dengan telepon ke sebuah komputer pembagian waktu.

Dia dengan cepat menguasai BASIC, sebuah bahasa pemograman komputer, dan bersama dengan para hacker yang belajar sendiri di Lakeside, dia melewatkan waktu ber-jam-jam menulis program, melakukan permainan, dan secara umum mempelajari banyak hal tentang komputer.

Bill Gates Drop Out dari Harvard University 
Setelah Bill Gates melanjutkan pendidikannya di sebuah universitas terkenal yaitu Harvard University di Cambridge. Disitu dia ketemu kembali dengan teman lamanya Paul Allen. Bersama rekannya itu dia mengembangan ilmunya yang berbasis di bidang pemograman komputer. Untuk lebih fokus kepada pekerjaannya yang saat itu dia mulai membangun Microsoft Corporation. Dua tahun kuliah di Harvard, Bill Gates memutuskan keluar dari kampusnya (Drop Out) demi sebuah impian. Memang dia mempunyai tekad yang kuat untuk membangun sebuah perusahaan besar. Di samping itu, dibarengi dengan kerja keras yang tak pantang menyerah membawa perusahaan Microsoft Corporation melambung pesat. Mulai dari situlah microsoft mulai dikenal di dunia. Keberhasilan Bill Gates bersama temannya Paul Allen membuat perubahan besar terhadap dunia. Dan sekaligus juga mengantarkan Bill Getes sebagai orang terkaya di Dunia.

Gates pernah menempati peringkat pertama pada daftar Forbes 400 sejak 1993 hingga 2007 dan peringkat satu pada daftar The World’s Richest People Forbes sejak 1995 hingga 2007 dan 2009. Pada 1999, kekayaan Gates pernah melewati angka $101 miliar, akibatnya media menyebutnya sebagai “centibillionaire”.

Kehidupan Pribadi Yang Biasa.
Dalam kehidupan peribadinya, Gates menikah dengan Melinda French pada 1 Januari 1994. Mereka mempunyai tiga orang anak, Jennifer Katherine Gates (1996), Rory John Gates (1999) dan Phoebe Adele gates (2002).

Dengan istrinya, Bill Gates telah mendirikan Bill & Melinda Gates Foundation, yang merupakan sebuah Yayasan Sosial yang memperhatikan pederita AIDS, beasiswa bagi universitas-universitas dan kepedulian pada dunia ketiga. Para kritikus

Bill Gates dikenal sebagai orang yang Dermawan
Setelah mencapai kesuksesannya menjadi seorang Miliarder. Saat ini, Bill Gates sudah pensiun dari management Microsoft. Dia memilih fokus pada urusan kemanusiaan di yayasan Bill & Melinda Gates Foundation yang mereka dirikan bersama sama Istrinya sejak tahun 2000 silam.

Sampai tahun 2007, total sumbangan yang diberikan Bill & Melinda Gates Foundation telah mencapai USD 28 miliar. Yayasan ini dianggap salah satu yang paling banyak menyumbangkan uang untuk kegiatan kemanusiaan.

Bill Gates sendiri dilaporkan telah memberikan persentase besar dari hartanya untuk aktivitas filantropi, sebesar 48%. Dia bergabung dengan dermawan kaya lain yang juga punya jejak sama, seperti Andrew Carnegie dan Warren Buffet.



Salah satu orang paling Kaya di Dunia
Pada tahun 2015 yang lalu Majalah Forbes kembali merilis 10 orang terkaya di dunia dan salah satunya yang akan kita bahas ini. Orang yang paling terkaya di dunia versi majalah Forbes 2015 adalah Bill Gates (Microsoft) yang mencapai lebih dari Rp1000 Triliun atau sekitar $79.2 Miliar Dollar. Dia menduduki peringkat pertama dari ke 10-orang terkaya di dunia tersebut. Selanjutnya Carlos Slim Helu US$77,1 (Phones and construction in Mexico), Warren Buffet US$72,7 (Investor), Amancio Ortega US$64,5(Pemilik merek busana Zara), Larry Ellison US$54,3(Pemilik perusahaan teknologi Oracle), Charles Koch US$ 42,9 (Pelaku industri), David Koch US$ 42,9 (Pelaku industri), Christy Walton US$ 41,7 (Pemilik retail Walmart), Jim Walton US$ 40,6 (Pemilik retail Walmart), dan Liliane Bettencourt US$ 40,1(Pemilik kosmetik L'Oreal). Namun, diantara ke 10 orang terkaya tersebut di atas kita akan membahas yang pertama yaitu Bill Gates.

Manfaat yang bisa kita ambil dari kisah di atas

  • Usaha yang dibarengi dengan kerja keras akan selalu berbuah manis. Walaupun kebanyakan orang gagal namun perlu kita ketahui kalau kegagalan itu merupakan tumpuan awal kesuksesan yang sebenarnya.
  • Jika kita sudah mencapai puncak kesuksesan jangan lupa kita menoleh ke bawah. Begitu banyak orang-orang yang mengulurkan tangannya mengharap bantuan dari orang-orang yang sudah cukup dan mapan.
LihatTutupKomentar