Pengertian Localhost dan Website

Localhost merupakan isltilah dalam komputer jaringan yang berarti “komputer ini”. localhost adalah nama standar yang diberikan sebagai alamat loopbcak network interface. localhost selalu menerjemahkan loopback ip address '127.0.0.1' dalam IPv4, atau ::1 dalam IPv6. Localhost digunakan untuk mengantarkan web browser pada HTTP server yang terinstall di komputer lokal.


Alamat http://localhost akan menampilkan website lokal pada komputer yang bersangkutan. Jadi, kita membuat komputer kita sebagai localserver, kemudian menghostingkan web kita didalamnya (localhost) untuk dijadikan tempat membangun website sementara dan kemudian dihostingkan secara online ke internet. Dengan menjadikan komputer kita sebagai localserver, kita dapat bekerja secara offline tanpa harus takut menghadapi masalah biaya, waktu, dan kenyamanan.

Semua komputer yang terhubung dengan Internet itu harus menggunakan alamat IP secara unik. Nah, untuk mengakses suatu server, kita bisa memasukkan alamat IP nya, contohnya : 72.14.254.132. Namun masalahnya akan sulit untuk dihafalkan. Oleh karena itu, dibuatlah DNS (Domain Name Server) untk menterjemahkan antara “nama” dan “alamat IP”. Maksudnya “nama” ialah domain, seperti google.com

Website dan Localhost
Website atau situs web adalah halaman yang ditampilkan di internet yang membuat informasi tertentu. Internet yang dapat menampilkan web-nya, sedangkan web adalah yang ditampilkannya berupa susunan dari halaman-halaman yang menggunakan teknologi web dan saling berkaitan satu sama lain atau sekumpulan halaman yang terdiri dari beberapa laman yang berisi informasi dalam bentuk digital, baik itu teks, gambar, animasi yang disediakan melalui jalur yang di sebut internet sehingga dapat diakses dari seluruh dinia. Perlu kamu ketahui ada 2 versi Web yaitu Static Website dan Dynamic Website.


Static Website
Static Website adalah website yang mana pengguna tidak bisa mengubah konten dari websaite tersebut secara langsung menggunakan browser. Contoh dari web statis adalah web yang berisi profil perusahaan.

Dynamic Website
Dynamic Website adalah website yang interaksinya terjadi antara pengguna dan sever sangat kompleks, seseorang dapat mengubah konten dari halaman tertentu dengan menggunakan browser. Contoh dari web dinamis adalah portal berita jejaring sosial Contohnya adalah Facebook.
LihatTutupKomentar