Bahasa Bahasa Program Informatika

Kalau kamu seorang di bidang informatika tentu kamu tidak akan asing dengan bahasa bahasa pemograman. Fungsi dari bahasa pemrograman yang memerintahkan komputer untuk mengolah data sesuai dengan logika yang kita inginkan. Output dari bahasa pemrograman dalam bentuk program / aplikasi. Contohnya adalah program yang digunakan oleh kasir di mal atau supermarket, penggunaan lampu lalu lintas di jalan raya, dll



Bahasa pemrograman yang kita tahu ada banyak orang di dunia, sekitar ilmu komputer dan teknologi saat ini. Pengembangannya mengikuti inovasi tinggi dalam dunia teknologi. Contoh bahasa pemrograman yang kita ketahui, antara lain, adalah untuk membuat aplikasi permainan, anti-virus, web, dan teknologi lainnya. berikut adalah beberapa bahasa bahasa program dengan sedikit keterangan, cek list:
  • HTML
HTML ini adalah, dalam pengaplikasiannya, bahsa pemrograman ini menggunakan format ASCII, sehingga dapat menghasilkan sebuah tampilan situs website yang terintegrasi dan dapat digunakan dengan baik, serta user friendly. Secara umum, HTML, kamu bisa mempelajarinya di link di bawah ini  :


  • PHP
Ketika kamu ingin membuat sebuah website atau situs, maka sudah pasti kamu membutuhkan sebuah bahasa pemrograman yang dapat mengintegrasikan manajemen bass data yang kamu miliki, serta berbagai macam resource yang akan digunakan. Maka dari itu, digunakanlah bahasa pemrograman PHP ini untuk mengembangkan website tersebut. kamu juga bisa memahaminya di link tutorial di bawah ini:


  • Java
Bahasa pemrograman yang pertama adalah bahasa pemrograman Java. Bahasa pemrograman ini merupakan salah satu jenis bahasa pemrograman yang banyak kita temukan pada aplikasi – aplikasi, baik di dalam sebuah komputer, ataupun sebuah handphone dan juga smartphone. Dengan keunggulan ini, maka java memang benar – benar menjadi sebuah bahasa pemrograman yang sangat populer dan juga banyak dipahami dan mudah untuk dipelajari. Saat ini, hak paten dari penggunaan bahasa pemrograman Java sendiri dipegang oleh Oracle.

Java merupakan salah satu bahasa pemrograman yang memiliki banyak keunggulan. Salah satu keunggulan yang utama dari bahasa pemrograman Java ini adalah karena Java merupakan bahasa pemrograman yang sifatnya multi platform, yang artinya bisa digunakan dalam berbagai macam sistem operasi dan juga basis software lainnya.

  • Bahasa C
Bahasa C merupakan bahasa induk dari berbagai macam bahasa pemrograman yang ada hingga saat ini. Dialah bahasa pemrograman C. Bahasa pemrograman C ini merupakan bahasa pemrograman yang dikembangkan pada era 70-an, yang mana merupakan salah satu bahasa pemrograman komputer yang tertua. Saat ini, bahasa C mungkin sudah jarang digunakan, namun demikian, Bahasa C ternyata mendalangi pembentukan bahasa pemrograman lainnya, seperti Bahasa C ++, C #, Java dan berbagai macam bahasa pemrograman lainnya

  • Visual Basic
Visual Basic merupakan salah satu bahasa pemrograman yang dikembangkan oleh raksasa teknologi dunia, yaitu Microsoft. Visual basic, yang juga emrupakan paket bundling dengan Microsoft Vsual Studio. Saat ini, kebanyakan visual basic digunakan dalam pengembangan software – software sederhana, seperti : Kalkulator, Program absensi, Program akuntansi, Bahkan beberapa pengembang sanggup membuat sebuah permainan, alias game dengan menggunaan bahasa pemrograman Visual Basic.

  • Bahasa Pemrograman C++
C ++ ini merupakan “anak” dari bahasa pemrograman C. C ++ dibuat dan dikembangkan untuk menyempurnakan kemampuan bahasa C dalam membuat sebuah program dan juga aplikasi. C ++ memilii sintaks penulisan scipt code yang hampir sama, karena memang berasal dari bahsa yang sama. Namun demikian, yang membedakan antara bahasa pemrograman C ++ dengan bahasa pemrograman C adalah dari segi penyelesaian masalah.

Bahasa pemrograman C ++ menggunakan endekatan pemecahan masalah, dimana masalah – masalah yang muncul tersebut akan terbagi – bagi ke dalam kelas (class) tertentu, berbeda dengan bahasa pemrograman C yang menyelesaikan masalah dengan cara membaginya ke dalam sub – sub masalah yang lebih kecil lagi.

  • JavaScript
JavaScript memfokuskan dirinya pada bahasa pemrograman yang digunakan untuk mengembangkan sebuah website. Banyak sekali website – website yang menggunakan JavaScript sebagai bahasa pemrograman utama mereka.

  • C Sharp/C#
Bahasa pemrograman C# ini merupakan bahasa pemrograman yang banyak digunakan pada pengembangan sistem dan juga aplikasi serta software berbasi Microsoft. Jadi, secara alamiah,, bahasa pemrograman ini tidak seperti bahasa pemrograman C ++ dan juga Java yang sifatnya multi platfor, karena hanya dapat digunakan dan juga dikembangkan menjadi aplikasi yang berbasis sistem operasi dan juga segala benuk sistem besutan Microsoft.

  • Objective – C
Objective – C. sebenarnya bahasa pemrograman ini tidak terlalu terkait dengan bahasa pemrograman C, C ++ ataupun bahasa pemrograman C#. Namun demikian, bahasa pemrograman Objective – C ini menggunakan dasar – dasar bahasa pemrograman C juga untuk mengembangkan sebuah aplikasi dan juga software.

  • ActionScript
ActionScript ini merupakan bahasa pemrograman yang banyak dimanfaatkan untuk pengembangan website dan juga situs di dalam internet. Merupakan bahasa pemrograman yang dikembangkan oleh macromedia, yang mana kemudian diakuisisi oleh perusahaan teknologi terkenal, yaitu Adobe.

  • Ruby
Ruby bisa digunakan untuk membangun sebuah aplikasi dan juga software yang sifatnya multiplatform, alias bisa digunakan di mana saja.

  • CSS
Cascading Style Sheets (CSS) adalah suatu bahasa stylesheet yang digunakan untuk mengatur tampilan suatu dokumen yang ditulis dalam bahasa markup.

  • XML
XML sendiri merupakan kependekan dari extensible markup language, yang pada dasarnya merupakan salah satu pengembangan dari bahasa pemrograman HTML. XML sendiri saat ini dikembangkan dengan memiliki beberapa kelebihan. Kelebihan utama daari bahasa pemrograman xml ini adalah kemampuan dari bahasa pemrograman ini untuk meringkas dan juga menyimpan sebuah data, sehingga menjadi mudah diatur. Penggunaan dari XML ini memang sangat sederhana, dan mirip seperti penggunaan HTML.

  • Pascal
Pascal merupakan jenis bahasa pemrograman yang masuk ke dalam bahasa pemrograman generasi ke III, dan merupakan bentuk bahasa pemrograman tingkat tinggi. bahasa pemrograman ini dikembangkan di Prancis oleh seorang professor, bernama Niklaus Writh

  • Switch Apple
Bahasa pemrograman terbaru yang paling muktahir adalah bahasa SWITCH dari apple yang digunakan untuk melakukan pemrograman di device mereka. Swift adalah bahasa pemrograman baru untuk iOS, OS X, watchOS, dan aplikasi tvOS yang dibangun lebih baik dari C dan Objective-C, tanpa kendala kompatibilitas C. Swift mengadopsi pola pemrograman aman dan menambahkan fitur modern untuk membuat program lebih mudah, lebih fleksibel, dan lebih menyenangkan.Swift, yang didukung oleh kerangka Kakao dan Kakao Touch, adalah kesempatan untuk menata kembali bagaimana pengembangan perangkat lunak bekerja.

  • WML
WML adalah kepanjangan dari Wireless Markup Language, yaitu bahasa pemrograman yang digunakan dalam aplikasi berbasis XML (eXtensible Markup Langauge)

  • ASP
ASP adalah singkatan dari Active Server Pages yang merupakan salah satu bahasa pemograman web untuk menciptakan halaman web yang dinamis.

  • DELPHI
Umumnya delphi lebih banyak digunakan untuk pengembangan aplikasi desktop danenterprise berbasis database, tapi sebagai perangkat pengembangan yang bersifat general-purpose ia juga mampu dan digunakan dalam berbagai jenis proyek pengembangan software.

  • VISUAL C++ 
Visual C++ adalah sebuah produk Integrated Development Environment (IDE) untukbahasa pemrograman C dan C++ yang dikembangkan Microsoft. Visual C++ merupakan salah satu bagian dari paket Microsoft Visual Studio.

  • COBOL
COBOL (singkatan dari Common Business Oriented Language) adalah sebuah bahasa pemrograman generasi ketiga

  • ColdFusion
ColdFusion adalah server aplikasi dan framework pengembangan perangkat lunak yang digunakan untuk  pengembangkan perangkat lunak komputer, khususnya situs webdinamis.

  • SQL
SQL (Structured Query Language) adalah sebuah bahasa yang dipergunakan untuk mengakses data dalam basis data relasional.

  • CFM
Cfm dibuat menggunakan tag ColdFusion dengan software Adobe ColdFusion / BlueDragon / Coldfusion Studio.

  • PERL
Perl adalah bahasa pemrograman untuk mesin dengan sistem operasi Unix (SunOS, Linux, BSD, HP-UX), juga tersedia untuk sistem operasi seperti DOS, Windows, PowerPC, BeOS, VMS, EBCDIC, dan PocketPC.(mirip bahasa pemograman C.)

  • RPG 
RPG adalah bahasa pemrograman tingkat menengah yang ditujukan untuk aplikasi bisnis. Pembaruan terakhir dari bahasa RPG adalah RPG IV (ILE RPG) pada server System i IBM. Bahasa ini memiliki berbagai fitur pemrograman berbasis objek antara lain: fungsi (function) dan prosedur (procedure), ikatan statis dan dinamis (static and dynamic binding), penggunaan library C, Dynamic Link Library (.DLL), dan lain-lain.

  • Pike
Pike adalah bahasa pemrograman scripting yang memiliki sintaks mirip dengan C++ dan Java. Bahasa pemrograman ini adalah bahasa pemrograman scripting dinamis yang sangat mudah di pelajari. Bahasa pemrograman ini juga memiliki banyak fungsi dan tipe data yang sangat baik bila digunakan untuk pemrosesan data.

  • Clipper
Clipper adalah bahasa pemrograman komputer keluarga XBase yang digunakan untuk membuat program komputer utamanya yang berjalan pada sistem operasi DOS. Secara lebih spesifik, clipper umumnya digunakan untuk membuat program-program yang terkait dengan database/bisnis (contoh. akuntansi, manajemen simpan/pinjam, dan lain-lain)

  • Smalltalk
Smalltalk adalah bahasa pemrograman berorientasi objek yang dikembangkan oleh Xerox PARC. Ide dasar Smalltalk meliputi : Semua adalah objek.Objek bisa saling berkomunikasi melalui messages atau berita.Semua tersedia untuk dimodifikasi
  • Visual FoxPro
Visual FoxPro adalah bahasa pemrograman berorientasi objek dan prosedural dari Microsoft. Awalnya bahasa pemrograman ini dikenal dengan nama FoxBASE yang diluncurkan oleh Fox Software pada awal 1984. Fox Technologies kemudian bergabung dengan Microsoft pada 1992 sehingga di depan nama FoxBASE ditambahkan awalan "Visual".

  • ActionScript
ActionScript adalah bahasa pemrograman yang dibuat berdasarkan ECMAScript, yang digunakan dalam pengembangan situs web dan perangkat lunak menggunakan platform Adobe Flash Player. ActionScript juga dipakai pada beberapa aplikasi basis data, seperti Alpha Five. Bahasa ini awalnya dikembangkan oleh Macromedia, tapi kini sudah dimiliki dan dilanjutkan perkembangannya oleh Adobe
LihatTutupKomentar